20 September 2011

Belajar Kanji 9


(コウ、この.む、す.き)
Suka, Senang
Terdiri dari Wanita (女) dan Anak (子). Wanita secara umum menyukai anak-anak.

  • 大好き (だいすき) Sangat suka 


(ヒャク, ビャク)
Seratus
Terdiri dari Putih (白) dan Satu (一). Diantara banyak perayaan yang dirayakan di Jepang, salah satunya adalah perayaan yang merayakan panjang umurnya seseorang, yang bernama "Ga no Iwai". Perayaan Ga no Iwai ini dirayakan beberapa kali selama masa hidup seseorang, dimulai saat usia 60 (yang disebut dengan Kanreki), dan selanjutnya pada usia 70, 77, 80, 88, 90, dan yang terakhir pada usia 99 (yang disebut Hakuju). Di tiap perayaan, orang yang berulang tahun akan memakai pakaian dengan warna tertentu, antara lain warna Merah untuk Kanreki, dan warna Putih untuk Hakuju. Jika kita menambahkan satu (一) tahun lagi setelah perayaan Hakuju (usia 99, dimana pakaian yang digunakan berwarna putih (白)), maka kita akan mendapatkan angka seratus (百).

  • 二百 (にひゃく) Dua Ratus


(セン, ち)
Seribu
By angela7dreams (Flickr)
CC BY-NC 2.0
Gambar burung jenjang dengan sayap yang sedang terbuka. Dalam mitologi Jepang, burung jenjang dipercaya bisa hidup selama seribu tahun. Dipercaya juga bahwa jika seseorang membuat seribu origami burung jenjang (yang disebut Senbazuru), maka keinginan orang tersebut akan terkabul. Namun harap diingat, bahwa sebenarnya arti dari huruf 千 tidak ada hubungannya dengan burung jenjang. Asosiasi dengan burung jenjang disini hanya untuk mempermudah cara mengingat. Kombinasi kanji ini dengan huruf kanji untuk burung (鳥) akan menghasilkan 千鳥 (ちどり), yang berarti burung Cerek (Plover).

  • 三千 (さんぜん) Tiga Ribu



(セイ、い.きる、う.む)
By Drift Words (Flickr)
CC BY-NC-SA 2.0
Hidup/Kehidupan, Lahir
Gambar sebuah bibit tanaman diatas tanah (土) yg mulai bercabang dan tumbuh daun.

  • 学生 (がくせい) Pelajar sekolah
  • 人生 (じんせい) Kehidupan manusia




(ソウ、くさ)
Rumput
By ARC (Flickr)
CC BY 2.0
Terdiri dari radical untuk rumput/tanaman, dan Awal (早). Pada awal perkembangannya (masih berupa bibit), tanaman secara umum memiliki bentuk seperti rumput-rumputan, dengan ukurannya yang kecil, daun hijau, dan batang yang tidak mencolok.




(デン、た)
By Jungle_Boy (Flickr)
CC BY-NC-SA 2.0
Sawah
Gambar petak2 pematang sawah.

  • 山田 (やまだ) Yamada (nama orang)
  • 田中 (たなか) Tanaka (nama orang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar