29 Juni 2012

Belajar Kanji 19


(カン、ほ.す)
Kering, Mengeringkan / Menjemur
Kanji ini adalah gambar dari tiang jemuran yang berbentuk huruf T dan mempunyai dua tingkat.

Siang
Kanji ini adalah gambar dari jemuran pakaian dengan latar belakang garis lingkar matahari yang posisinya bertepatan dengan bagian atas jemuran yang berbentuk huruf T. Hal ini mewakili siang hari, yang umumnya didefinisikan antara pukul 11 sampai 13, dimana posisi matahari sudah tinggi, namun tidak harus tepat diatas kepala kita.

(ハン、なか.ば)
Separuh, Pertengahan
Kanji ini merupakan gabungan dari gambar suatu benda yang dibelah tepat di bagian tengahnya, dan kanji untuk "dua" (二). Keduanya mewakili arti suatu benda yang dibagi menjadi dua bagian, masing-masing berukuran setengah dari ukuran semula.

  • 半年 (はんねん) Setengah tahun


(ヘイ、ヒョウ、たい.ら、ひら)
Rata, Damai
Kanji ini adalah gambar sepasang jepitan baju diatas jemuran pakaian. Fungsi sebuah jepitan baju adalah untuk menjaga baju-baju tetap berada di tempatnya, sehingga baju-baju tersebut tersebar merata, dan bisa bergantungan dengan "tenang & damai" di sepanjang tali jemuran. Tanpa jepitan, baju-baju yang sedang dijemur bisa menjadi kacau balau jika ditiup angin yang cukup kuat.

(マイ、ごと)
Tiap / Setiap
Terdiri dari salah satu jenis radical untuk "orang", dan kanji untuk "ibu" (母). Perhatikan bahwa di kanji ini, kedua titik dari 母 disambung menjadi suatu garis. Setiap orang dilahirkan oleh seorang ibu.

  • 毎日 (まいにち) Setiap hari
  • 毎月 (まいげつ、まいつき) Setiap bulan
  • 毎年 (まいねん、まいとし) Setiap tahun


Tidak ada komentar:

Posting Komentar