31 Oktober 2012

Belajar Kanji 21


(ユウ、また)
Lagi, Lebih jauh / Lebih lanjut
Kanji ini adalah gambar tangan kanan yang sedang memegang barang yang diletakkan di bahu. Membawa barang dengan cara meletakkannya di bahu memungkinkan kita untuk membawa beban yang lebih berat atau membawanya dalam jarak yang lebih jauh, terutama jika berat dari beban tersebut terbagi rata di kedua bahu, seperti pada Fireman's Carry yang posisinya mirip dengan bentuk kanji ini.
  • 又は  (または) Atau

(モウ、け)
Bulu (rambut halus), Rambut
By decade_resister (Flickr)
CC BY-NS-SA 2.0
Kanji ini adalah gambar bagian telapak dari tangan (手) dengan rambut-rambut halus di bagian belakangnya. Rambut halus tersebut diwakili oleh bagian bawah dari goresan terakhir (garis vertikal) yang melengkung ke atas.
  • 不毛 (ふもう) Steril, Tandus, Tidak produktif




(ユウ、とも)
Teman
Terdiri dari kanji untuk "lagi / lebih jauh" (又) dan radical ノ dan 一. Radical ノ dan 一 mewakili satu sisi bahu dan lengan. Secara keseluruhan, mereka mewakili arti seseorang yang memberikan tangan (bantuan) dan bahu (tempat bersandar) kepada kita, lagi  dan  lagi, melebihi dari yang diberikan oleh orang lain.
  • 友人 (ゆうじん) Teman
  • 友好 (ゆうこう) Persahabatan

(ハン、ホン、タン、そ.る、かえ.る)
Anti-, Kembali, Melengkung
Terdiri dari radical "tebing" (厂) dan kanji "lagi / lebih jauh" (又). Kebanyakan tebing terbentuk karena erosi, termasuk tebing tepi laut / karang yang terbentuk oleh erosi air laut. Jika erosi berlanjut lebih jauh, maka di bagian bawah tebing akan terbentuk cekungan, dan tebing tersebut akan tampak melengkung  jika dilihat dari samping. Saat cekungan ini menjadi semakin besar, maka bagian atas tebing akan kehilangan penopangnya dan tebing tersebut akan runtuh. Makna "anti-" dan "kembali" berasal dari kenyataan bahwa saat kita mencoba melengkungkan suatu benda (terutama  benda  panjang), sebenarnya kita mencoba membuat bagian belakang benda tersebut "kembali" ke bagian depannya (bagian yang berlawanan). 

(コウ、ク、おおやけ)
Umum
Bagian atas kanji ini menggambarkan sesuatu yang terbelah, sedangkan bagian bawahnya adalah radical "saya / diri sendiri" (厶) yang bentuknya menyerupai katakana "mu". Keduanya mewakili arti membelah/membagi privasi diri sendiri untuk orang lain, dengan kata lain, "umum".
  • 公平 (こうへい); 公正 (こうせい) Keadilan
  • 公立 (こうりつ) Publik


Tidak ada komentar:

Posting Komentar