02 Agustus 2011

Belajar Kanji 3

(イチ、ひと.つ)Satu 
(ニ、ふた.つ)Dua 
(サン、みっ.つ)Tiga 
Kanji untuk angka satu, dua, dan tiga cukup mudah, masing-masing terdiri dari satu, dua, dan tiga garis horizontal.
  • 一人 (ひとり)  Satu orang, Sendirian 
  • 二人 (ふたり)  Dua orang/Sepasang  
  • 一日 (いちにち) Satu hari 
  • 一日 (ついたち) Tanggal 1 (hari pertama dalam sebulan)  
  • 一か月 (いっかげつ) Satu bulan
  • 一々(いちいち) Satu per satu (々 adalah tanda yg digunakan untuk mengulang kanji. Tanda ini disebut 「のま」 karena bentuknya seperti katakana 「ノ」 dan 「マ」 yang digabungkan)


(シ、よん、よ.つ)
Empat
Terdiri dari sebuah gerbang/pintu (口) dan sepasang kaki manusia. Dalam budaya Cina & Jepang, angka empat dianggap sebagai angka sial. Hal ini karena dalam bahasa Cina & Jepang (on-yomi) angka 4 diucapkan "shi", yang bunyinya mirip dengan kata lain yang mempunyai arti "mati". Beberapa rumah sakit di Jepang tidak mempunyai kamar dengan nomor 4. Lalu apa hubungannya antara gerbang/pintu, kaki, dan "mati"? Dalam kebudayaan Cina, jika ada yang meninggal, sebelum dikuburkan, peti matinya selalu diletakkan dalam posisi kaki menghadap ke arah pintu. Bahkan dalam ilmu fengshui, dikenal suatu tata letak kamar tidur yang disebut dengan posisi "(peti) mati", dimana letak tempat tidur adalah sedemikian rupa sehingga saat seseorang tidur disana, maka kakinya akan menghadap ke arah pintu. Ini adalah posisi yang sangat dihindari.
  • 四日 (よっか) Tanggal empat, Empat hari


(ゴ、いつ.つ)
Lima
http://www.fao.org/
By sherrivokey (Flickr)
CC BY-NC-SA 2.0
Coba sebutkan rasa-rasa dasar yang bisa dikenali indera pengecap.. Manis, Asin, Asam, Pahit.. dan.. Umami atau yang biasa kita sebut Gurih. Umami adalah rasa dasar yang baru saja diterima secara luas sebagai rasa dasar kelima. Salah satu sumber terbaik dari rasa umami adalah sejenis rumput laut yang bernama Kombu, yang mengandung banyak asam glutamat, suatu zat yang bertanggung jawab atas rasa khas umami. Kombu ini banyak dibudidayakan di laut Jepang & Korea. Ada banyak cara budidaya rumput laut ini, kebanyakan menggunakan tali, pelampung, dan batu. Yang menarik, salah satu teknik budidaya ini mempunyai susunan yang menyerupai huruf 五. Seperti bisa dilihat di gambar, garis horizontal yang atas mewakili permukaan laut, garis horizontal yang bawah mewakili dasar laut, garis vertikal yang agak miring mewakili tali untuk pelampung dan batu-batu kecil, dan yang terakhir, garis berbentuk siku mewakili tali untuk rumput laut itu sendiri yang dikaitkan dengan batu besar di dasar laut sebagai jangkar. 
  • 五日 (いつか) Tanggal lima, Lima hari


(ロク、むっ.つ)
Enam
Heksagon adalah sebuah polygon yang memiliki enam sisi dan enam sudut. Struktur heksagon alami yang cukup terkenal adalah sarang lebah, yang terdiri dari banyak heksagon yang saling berhubungan. Seperti yang bisa dilihat pada gambar, gabungan sudut-sudut dari heksagon yang saling berhubungan mempunyai bentuk yang menyerupai huruf 六, dengan garis horizontal yang berfungsi sebagai acuan posisi vertikal, untuk membedakan bagian atas dan bawah huruf tersebut.
  • 六日 (むいか) Tanggal enam, Enam hari


(シチ、なな、なな.つ)
Tujuh
Gambar angka tujuh yang diputar 180 derajat. Angka tujuh dengan garis ditengahnya banyak digunakan di daerah Eropa dan Amerika Latin, dan juga diajarkan sebagai cara menulis yang resmi di sekolah dasar di Rusia.

  • 七日 (なのか) Tanggal tujuh, Tujuh hari


(ハチ、やっ.つ)
Delapan
Dalam budaya Jepang & Cina, angka delapan sama-sama dianggap sebagai angka baik/mujur, tetapi dengan alasan yang berbeda. Jika dalam budaya Cina, alasannya adalah karena pengucapan kata, maka dalam budaya Jepang, alasannya adalah karena bentuk huruf. Huruf 八 mempunyai bentuk yang dimulai dari ruang sempit antara dua garis yang makin lama makin melebar. Hal ini dianggap melambangkan kemakmuran yang semakin lama tumbuh semakin besar & lebar.
  • 八日 (ようか) Tanggal delapan, Delapan hari


(キュウ、ク、ここの.つ)
Sembilan
By Aspex Design (Flickr)
CC BY-NC-SA 2.0
Rubah adalah binatang yang sering disebut-sebut dalam banyak kebudayaan, termasuk kebudayaan Cina & Jepang. Dalam mitologi Jepang, rubah digambarkan sebagai mahluk yang pintar dan memiliki kekuatan magis, dan saat semakin berumur dan semakin kuat bisa memiliki ekor sampai sebanyak sembilan, yang disebut dengan "Kyuubi no Kitsune" dalam bahasa Jepang (yang berarti "Rubah berekor sembilan"). Salah satu ciri khas dari rubah selain bagian hidungnya yang panjang dan lancip, adalah ekornya yang panjang dan tebal. Ekor dari rubah merah (Red Fox) cukup panjang untuk "menyapu" tanah saat rubah tersebut berdiri. Huruf 九 juga mempunyai "ekor" yang cukup panjang untuk "menyentuh tanah" dan melengkung kembali ke atas.
  • 九日 (ここのか) Tanggal sembilan, Sembilan hari


(ジュウ、とお)
Sepuluh
Gambar dari angka Romawi sepuluh (X) yang diputar 45 derajat.

  • 十日 (とうか) Tanggal sepuluh, Sepuluh hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar