23 Agustus 2011

Belajar Kanji 6

(カ, ケ, はな)
Bunga

Terdiri dari radical untuk rumput/tanaman () dan perubahan (化). Berbunganya suatu tanaman  menunjukkan bahwa tanaman tersebut telah mengalami perubahan dari kondisi vegetatif menjadi reproduktif. Perhatikan bahwa radical untuk rumput terdiri dari dua buah 十 yang disambung.


  • 花見 (はなみ) Acara melihat bunga di Jepang (melihat mekarnya bunga sakura)

(キュウ, やす.み、やす.み)
Istirahat, Libur
Terdiri dari radical "orang", dan pohon (木). Di tempat-tempat yang masih alami seperti hutan, orang beristirahat dengan cara duduk dan bersandar dibawah pohon.

  • 休日 (きゅうじつ) Hari libur/Cuti



(チョウ、あさ)
Pagi
Terdiri dari bulan (月) dan matahari (日) yang berada diantara tanaman (十) diatas dan dibawahnya. Ingat bahwa 十 adalah bagian dari radical untuk rumput/tanaman. 十 yang atas mewakili pohon, sedangkan yang bawah mewakili rumput. Pagi hari adalah saat dimana matahari terlihat diatas rerumputan tetapi masih dibawah pepohonan, dan bulan masih sedikit terlihat. Bahkan pada saat-saat tertentu, bulan bisa terlihat cukup jelas disaat pagi hari.

  • 朝日 (あさひ) Matahari pagi

(ジ)
Huruf
Terdiri dari anak (子) dan radical untuk "atap" (宀) yang mewakili arti "rumah". "Anak di dalam rumah" mengacu pada anak usia pra-sekolah, dimana kegiatan belajar dilakukan dirumah dengan bantuan orang tua. Mereka belajar mengenali dan menulis huruf dan angka melalui permainan dan kegiatan yang menarik minat mereka. Di Jepang jaman sekarang, sebagian besar anak-anak yang akan masuk ke sekolah dasar sudah bisa membaca dan menulis Kana.


(ガク、まな.ぶ)
Belajar, Studi
Terdiri dari anak (子) dan atap yang dipercantik / ber-ornamen, yang mewakili atap sebuah kuil. Pada jaman cina kuno, dimana belum ada sekolahan, sebagian besar kegiatan belajar mengajar dilakukan di kuil, tempat dimana anak-anak belajar lebih dari sekedar huruf-huruf (字) yang mereka pelajari dirumah. Di masa-masa selanjutnya saat sekolah-sekolah sudah dibangun, terutama sekitar abad ke-6, sebagian besar sekolah memiliki sebuah kuil di dekatnya yang dibangun sebagai penghargaan terhadap Confucius, seorang filsuf besar di Cina.

  • 大学 (だいがく) Perguruan tinggi / Universitas
  • 化学 (かがく) Ilmu kimia
  • 入学 (にゅうがく) Pendaftaran masuk sekolah / universitas
  • 見学 (けんがく) Studi lapangan / Observasi / Inspeksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar