22 Oktober 2011

Belajar Kanji 11


(サ、シャ、ひだり) Kiri
(ウ、ユウ、みぎ) Kanan
Radical ノ dan 一 menunjukkan gambar tangan & bahu. Sebagian besar orang menggunakan tangan kanan untuk makan (memasukkan makanan ke mulut 口), dan tangan kiri untuk melakukan pekerjaan (工) jika memang keduanya harus dilakukan secara bersamaan.

  • 左手 (ひだりて) Tangan Kiri

(メイ、ミョウ、な)
Nama, Reputasi
Terdiri dari Sore/Malam (夕) untuk menunjukkan kondisi gelap, dan Mulut (口) yang mewakili "berbicara". Saat hari mulai gelap (terutama di jaman dahulu sebelum ada listrik), dan kita harus mencari seseorang, maka kita harus memanggil-manggil nama orang tersebut. Sebaliknya, jika orang lain kesulitan mengenali kita saat kondisi gelap, maka kita harus menyebutkan nama kita.

  • 本名 (ほんみょう) Nama asli

(セン、さき、ま.ず)
Di depan (mendahului), Sebelum
Terdiri dari sebagian dari 生 (lahir) dan kaki manusia (儿) untuk menunjukkan pergerakan. "Berada di depan" / "mendahului yang lain" adalah keadaan yang dilahirkan dari pergerakan ke arah yang benar (usaha & kemajuan seseorang).

  • 先生 (せんせい) Guru, Master, Dokter
  • 先日 (せんじつ) Hari sebelumnya, Beberapa hari yang lalu
  • 先月 (せんげつ) Bulan lalu

(セイ、ショウ、あお.い)
Biru, Hijau
Terdiri dari bagian dari 生 (hidup) untuk mewakili arti Tanaman (produsen oksigen, elemen vital dari kehidupan) dan 月 (bulan). Kanji ini mempunyai arti warna biru, hijau, dan warna-warna diantaranya (berbagai jenis warna cyan). Warna hijau, bisa dengan mudah ditebak, diwakili oleh Tanaman. Yang menarik disini adalah warna biru yang diwakili oleh Bulan. Seperti yang telah kita ketahui, warna bulan (dan sinar bulan) bukanlah biru. Akan tetapi, bila kita berada di daerah dimana tidak ada / tidak banyak terdapat penerangan buatan (pedesaan, pinggiran kota, dsb) , dan kita keluar rumah saat bulan purnama, maka sekitar kita akan tampak berwarna kebiruan. Fenomena ini sebenarnya adalah ilusi perseptual yang disebut "blue shift".

  • 青森 (あおもり) Aomori (salah satu daerah di Jepang)
  • 青山 (あおやま) Gunung Biru, Sebuah daerah di Tokyo

Kalimat, Sastra, Seni
By jondresner (Flickr) CC BY-NC-SA 2.0
Terdiri dari radical untuk penutup (ceret) () dan sebuah tanda silang dibawahnya untuk menggambarkan peralatan/wadah yang dihiasi dekorasi/ukiran. Dekorasi tersebut biasanya terdiri dari pola-pola dan kaligrafi, oleh karena itulah kanji ini memiliki arti "kalimat/sastra" dan juga "seni".


  • 文化 (ぶんか) Kebudayaan, Peradaban
  • 文字 (もじ) Huruf
  • 文学 (ぶんがく) Kesusastraan

Yen, Lingkaran
Kanji ini adalah simbol yang tercetak di uang kertas di Jepang. Sebagai contoh, di uang kertas 1000 yen, kita akan melihat 千円. Pada jaman dahulu, semua uang berbentuk koin, oleh karena itu, kanji ini juga mempunyai arti Lingkaran / Bundar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar