29 November 2011

Belajar Kanji 12


(スイ、みず)
Air
Kanji ini menunjukkan sifat-sifat umum dari air. Dua goresan pertama (garis vertikal di tengah dan garis bersudut di sebelah kirinya) menunjukkan sifat air yang selalu memiliki permukaan datar (tegak lurus terhadap gaya gravitasi), apapun bentuk wadahnya. Garis bersudut yang di sebelah kiri adalah separuh dari gambar air yang berada dalam mangkok (dilihat dari samping). Permukaan air tetap datar meskipun dasar mangkok berbentuk bulat. Dua goresan terakhir mewakili sifat air yang bisa mengalir secara fleksibel. Garis diagonal yang lurus mewakili sebuah hambatan/halangan, garis yang melengkung mewakili aliran air yang mengitari halangan, menunjukkan fleksibilitas.
  • 水よう日 (すいようび) Hari Rabu


(セイ、ショウ、ただ.しい、まさ.に)
Benar, Keadilan
By winnifredxoxo (Flickr)
CC BY 2.0
Terdiri dari sebuah garis horisontal dan kanji untuk "berhenti" (止). Kanji ini mewakili sebuah timbangan (neraca berlengan) dalam kondisi yang seimbang. Secara umum, hal terpenting dalam menggunakan neraca berlengan adalah menyeimbangkan posisi lengan timbangan. Nilai berat yang benar baru bisa dibaca saat lengan timbangan berhenti (tidak lagi mengayun naik-turun) dalam posisi horisontal. Neraca berlengan juga digunakan sebagai simbol keadilan, mewakili arti kesamaan (hak) dan kejujuran.
  • 不正 (ふせい) Ketidakadilan, Ketidakjujuran
  • 正月 (しょうがつ) (Hari) Tahun baru, Bulan Januari


(シ、いと)
Benang
Terdiri dari radical untuk "kurus/tipis" (幺) dan kanji untuk "kecil" (小). Radical "kurus/tipis" berasal dari gambar benda yang tipis dan melengkung. Benda yang kurus/tipis punya kecenderungan lebih mudah melengkung (bandingkan antara kawat yang kecil dengan yang lebih besar). Kanji ini mewakili benda yang kurus/tipis dan kecil, yaitu sebuah benang.


(シャ、くるま)
Mobil, Kendaraan
Kanji ini menunjukkan gambar sebuah "rickshaw" (sejenis becak) tanpa pegangannya. Kata "rickshaw" yang merupakan bahasa Inggris sebenarnya berasal dari bahasa Jepang "jinrikisha", dan alat transportasi ini banyak digunakan di Cina dan Jepang di jaman dahulu. Garis horisontal paling atas dan paling bawah mewakili roda-roda. Bagian tengahnya mewakili tempat duduk penumpang.
  • 人力車 (じんりきしゃ) Becak
  • 下車 (げしゃ) Turun dari kendaraan (kereta api, bis, dll)


(ベイ、こめ)
Beras, Amerika
Courtesy of USDA ARS
Terdiri dari 木 (pohon/tanaman) dan dua titik diatasnya yang menggambarkan bulir-bulir padi. Tanaman padi (dan banyak tanaman serealia lainnya) memiliki buah (bulir biji) yang berada di bagian atas tanaman (menonjol ke atas, bukannya menggantung ke bawah). Sedangkan untuk arti "Amerika", hal ini berasal dari bahasa Cina yang menggunakan huruf ini sebagai salah satu komponen fonetis untuk menyebut kata "Amerika".
  • 米ドル (べいドル) Dolar Amerika



(キ、ケ、いき)
Jiwa/Semangat, pikiran, udara, atmosfir, suasana hati
By Dhammika Heenpella (Flickr)
CC BY-NC 2.0
Kanji ini adalah penyederhanaan dari kanji 氣 yang lebih tua, yang terdiri dari radical "gas" (kondisi materi disamping padat & cair) (气) dan kanji "beras" (米). Radical "gas" adalah gambar dari uap yang berkumpul di langit-langit, yang mewakili kecenderungan gas untuk bergerak ke atas. Dua goresan pertama (garis lengkung & garis horisontal paling atas) mewakili langit-langit (lebih tepatnya, garis horisontal yang paling atas itulah yang menggambarkan langit-langit, sedangkan garis lengkungnya menggambarkan bagian dari atap). Goresan yang kedua (garis horisontal di tengah) mewakili uap yang sudah mengumpul. Goresan terakhir (garis horisontal yang diikuti lengkungan ke bawah) mewakili uap yang bergerak dari bagian bawah bangunan menuju ke atas (meskipun goresannya dari atas ke bawah). Di kanji ini, radical 气 mewakili ciri-ciri umum dari gas, yaitu tidak terlihat, namun bisa dirasakan (misalnya, angin, yang merupakan aliran gas). Beras (米), tentu saja, merupakan makanan utama di Cina, Jepang, dan beberapa negara lainnya di Asia Timur (Tenggara). Makanan yang sehat adalah dasar dari tubuh yang sehat, dan seperti kata pepatah, tubuh yang sehat adalah dasar dari pikiran yang sehat (mens sana in corpore sano). Dengan kata lain, makanan (beras/nasi) yang kita makan akan berubah menjadi sesuatu yang tidak terlihat, namun bisa dirasakan (pikiran / jiwa).
  • 人気 (にんき) Populer
  • 天気 (てんき) Cuaca
  • 気に入り (きにいり) Favorit
  • 本気 (ほんき)  Keseriusan, Kebenaran
  • 大気 (たいき) Atmosfir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar